notizen-armee
catatan harian kini dan nanti   
Minggu, 05 April 2009
Internet = Media massa ?

Internet bukan media massa!!

Menanggapi pernyataan yang dilontarkan dosen mata kuliah Perkembangan Media Baru, Dandi Supriadi, senin (30/03) pendapat kami (Nafielah dan Stevi), sebenarnya tidak terlalu berbeda. Sebuah media dapat dikatakan sebagai media massa yaitu ketika informasi yang diberikan dapat diketahui, dilihat, dibaca oleh khalayak ramai. Namun, ketika informasi tersebut tidak bisa diakses oleh banyak orang, maka media tersebut bukanlah media massa.

Contohnya blog atau situs berita on line,

walaupun berita atau informasi yang disajikan merupakan produk jurnalistik yang sangat mutakhir, sesuai dengan fakta dan merupakan berita yang penting, namun ketika berita tersebut tidak dibaca dan diketahui oleh masyarakat, akan percuma. Blog atau situs berita tersebut tudak lagi bisa disebut sebagai media massa.

Menurut, Robert R Dominick media massa adalah media yang digunakan dalam proses komunikasi massa. Pengertian media massa tidak hanya terbatas pada alat mekanik yang digunakan untuk menyebarkan dan menyimpan pesan.

Artinya, informasi yang disajikan di internet bukan mutlak sebagai informasi media massa. Semuanya tergantung oleh seberapa banyak orang yang mengakses dan membukanya.

Internet merupakan perkembangan dari media baru. Melalui internet, kita bisa bertukar informasi dengan yang lainnya. Perkembangan media ini semakin marak di tengah masyarakat. Karena, melalui internet kita bisa menyampaikan apapun. Dari sinilah berkembang istilah citizen journalism, siapa pun bisa menjadi sumber berita. Batasan antara produsen dan konsumen berita semakin mengabur. Karena wartawan dalam mencari berita pun, tak melewatkan internet sebagai sumber beritanya.

Namun, sekali lagi, internet tidak bisa serta merta dikatakan sebagai media massa. Hal lain yang juga mesti kita perhatikan adalah, media massa idealnya secara transparan menyebutkan sumber berita dan siapa yang memproduksinya (wartawannya, redaktur, pimpinan media, dsb). Sementara di internet, sering kali sumber berita tidak jelas bahkan tidak dicantumkan.

Pada dasarnya, wartawan tidak boleh mencampurkan fakta dan opini penulisnya. Citizen journalism, acap kali mengabaikannnya. Melalui blog yang kian menjamur, sering kali penulis tidak memilah dan memilih antara fakta dan opininyaa. Sehingga berita yang dihasilkan tidak lagi objektif.

the point is...

Internet belum bisa sepenuhnya dapat dikatakan sebagai media massa. Dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangannya.

(naf.stev)




referensi :

* wikipedia, mata kuliah komunikasi massa

* (Public Journalism and The Wichita Eagle 1988 to 1996,http://willsthesis.com/TheEagleRevised.doc).


posted by notizen-armee @ 04.46  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
About Me

Name: notizen-armee
Home: Bandung, Jawa Barat, Indonesia
About Me:
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.

Links
Powered by

Blogger Templates

BLOGGER